Ja, es ist mein Geburtstag

Hari ini, genap 26 tahun saya menghirup udara di dunia dan berada di naungan planet bumi. Apa saja yang sudah saya alami? Banyak sekali.... seperti halnya menghitung kebersyukuran, saya tidak akan sanggup menghitungnya satu per satu. Terlalu banyak yang Tuhan berikan kepada saya, bahkan melampaui apa yang saya pinta. 

Tahun ini saya mengakui bahwa lebih realistis terhadap hidup. Tidak seperti tahun-tahun biasanya dimana saya selalu menuliskan resolusi dan harapan yang berderet, kali ini saya merasa tidak perlu. Cukuplah kesehatan dan keberkahan melingkupi setiap langkah dan jejak rekam hidup ini. Menjadi orang yang lebih taat dan meneguhkan iman hanya pada agama Islam. Satu per satu keinginan yang dulunya muluk-muluk itu, berubah menjadi kata-kata "Allah pasti tahu dan memberikan yang terbaik bagi saya." 

Selama hampir 2 bulan terakhir pun saya masih berproses, menerima dan tidak menyalahkan kondisi atas apa yang terjadi. Tidak mudah bagi saya dan keluarga untuk beradaptasi dengan perubahan ini. Namun, kami tahu bahwa "Time heals, this too shall past" sesuai dengan janji Allah pada hamba-Nya yang tak pernah lelah berhenti untuk berdo'a. 

Menjadi usia 26 tahun tidak hanya perubahan secara fisik yang kentara, mungkin kantong mata tak lagi setipis dulu dan harus mengurangi makan makanan tak bergizi. Tetapi lebih kepada pemikiran yang mulai matang, menghadapi segala sesuatunya lebih tenang dan tidak reaktif, menyaring mana yang baik dan buruk lebih selektif, memprioritaskan hal-hal yang benar-benar penting untuk masa depan, mengatur keuangan secara teliti, dan mempertimbangkan segala aspek lebih mendalam. 

Ini bukan hanya soal angka yang berubah, tapi kehidupan yang perlahan akan membawa kemana tujuan hidup singgah. Meski kata orang "Tak perlu dipikir terlalu dalam" namun bagi saya hidup itu perlu untuk dipikirin, terlepas dari takdir yang sudah Tuhan kehendaki. 

Last but not least, terima kasih Allah sudah memberikan kesempatan untuk masih bisa bernapas dengan cuma-cuma di tanah ciptaan-Mu. Semoga saya terus bisa memberikan kebaikan bagi lingkungan baik itu berdampak kecil ataupun besar. Terima kasih atas segala kesempatan dalam hidup yang sudah dihadirkan bagi saya, ini semua pasti ada tujuannya, menjadi makhluk-Mu yang lebih bertaqwa. Aamiin ya robbal alamin..

Ja, es ist mein Geburtstag. Ich bin heute 26 Jahre alt. 


Komentar